• Aturan mengenai Branchless Banking mulai di Sosialisasikan oleh Bank Indonesia
  • Franchisor yang sudah membuka outlet di Indonesia
  • Blackberry pilih Indonesia sebagai pengguna BBM Money Pertama
  • Ketika kenyamanan dan kecepatan bersatu dalam suatu transaksi Mobile
Tuesday, March 19, 2013

Proses dan Syarat Kredit Bank

Agar permohonan kredit bank anda disetujui, sebaiknya anda mengetahui proses-proses apa saja yang yang dilakukan oleh bank dalam mereview permohonan proposal kredit anda, hal-hal yang umumnya diselidiki oleh bank biasanya terkait dengan track record atau rekam jejak anda ketika berhubungan dengan perbankan dan reputasi bisnis anda. namun sebelumnya anda harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan agar dapat direview oleh bank, apa saja dokumen-dokumennya baca disini
Apa saja sih biasanya yang  di review oleh bank ketika debitur mengajukan kredit bank:
  1. Karakter Debitur
  2. Posisi Pasar
  3. Situasi Persaingan
  4. Manajemen bisnis
Baiklah sekarang kita bahas satu persatu mengenai hal-hal tersebut:
  1. Karakter debitur, biasanya bank melakukan penyelidikan mengenai tingkat kepercayaan debitur dengan bagaimana debitur menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan pada saat wawancara, apakah informasi yang diberikan sesuai dengan keadaan faktual atau tidak dan bagaimana debitur secara proaktif menyampaikan informasi yang dibutuhkan oleh bank.
  2. Posisi Pasar, biasanya terkait dengan kualitas produk dan jasa yang dijual oleh debitur, apakah sesuai atau tidak dengan kebutuhan pasar dan bagaimana jika dibandingkan dengan produk dan jasa yang dimiliki oleh kompetitor. Selain itu juga dilihat bagaimana strategi pemasaran debitur dan ketergantungan debitur dengan pemasok bagaimana posisi tawar debitur terhadap pemasok. 
  3. Situasi Persaingan, biasanya dilihat bagaimana trend pasar terhadap produk dan jasa yang dimiliki oleh debitur apakah masih bisa berkembang dan apakah permintaan masih tinggi terhadap produk dan jasa tersebut.
  4. Manajemen bisnis, biasanya dilihat berapa lama pengalaman debitur dalam mengelola bisnis tersebut apakah memiliki pengalaman yang cukup dalam mengelola bisnis tersebut dan bagaimana motivasi debitur untuk mengembangkan usahanya kedepan dan meningkatkan profesionalisme dalam pengelolaan bisnisnya.
ini hanya beberapa bagian saja yang baru bisa saya bahas, nanti akan diupdate lagi terkait dengan 5C dalam praktek perbankan.

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Proses dan Syarat Kredit Bank; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment