Wednesday, April 10, 2013

Analisis Laporan Keuangan

Laporan keuangan perusahaan merupakan gambaran umum mengenai keadaan dan perkembangan finansial suatu perusahaan. Laporan keuangan dibuat agar kita dapat mengetahui keadaan kesehatan finansial perusahaan dan sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. 

Untuk dapat mengetahui lebih dalam terhadap kondisi keuangan perusahaan maka data-data mengenai laporan keuangan perusahaan tersebut harus dilakukan analisis dan intepretasi dan ukuran yang sering digunakan dalam analisis laporan keuangan perusahaan adalah rasio keuangan.

Hasil dari analisis laporan keuangan perusahaan berupa rasio keuangan, rasio keuangan ini dalam bentuk angka-angka dan dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai kondisi perusahaan. Analisis rasio keuangan dimunculkan dalam bentuk trend angka-angka dalam periode tertentu untuk memperkirakan bagaimana kemampuan perusahaan dimasa depan dalam menghasilkan laba.

Rasio keuangan adalah alat yang digunakan untuk menganalisis kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Kita menghitung berbagai rasio keuangan karena dengan cara ini kita bisa mendapatkan perbandingan yang mungkin akan berguna daripada angka mentahnya sendiri. Rasio keuangan setidaknya dapat memberikan jawaban atas empat pertanyaan yaitu :

  1. Bagaimana Likuiditas Perusahaan
  2. Apakah manajemen efektif membagikan laba operasi atas aktiva
  3. Bagaimana perusahaan didanai
  4. Apakah pemegang saham bisa mendapatkan tingkat pengembalian yang cukup

Meskipun analisis rasio keuangan dapat memberikan informasi yang bermanfaat terkait dengan keadaan operasi dan kondisi keuangan perusahaan, terdapat juga unsur keterbatasan informasi yang membutuhkan kehati-hatian dalam mempertimbangkan masalah yang terdapat dalam perusahaan tersebut.

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Analisis Laporan Keuangan; Ditulis oleh Antonius Dyarkoro; Rating Blog: 5 dari 5

No comments:

Post a Comment